[REVIEW] Miscella G: Minuman Kolagen Yang Bisa Bikin Cantik?

review miscella g minuman kolagen

Beauty starts from within, begitu kata ibu saya sambil nyekokin saya berbagai macam masakan dan vitamin yang konon bermanfaat bagi kecantikan. Belasan tahun kemudian saya tetap tidak cantik.
Saya adalah penganut aliran kecantikan paling ngeselin dimuka bumi ini, yaitu aliran "kalo inget"--alias, mbersihin muka kalo inget, dandan kalo inget, dan minum vitamin untuk wajah kalo inget. Kayak gitu, tapi maunya cantik putih bersih alami aromanya memikat... eh salah topik, itu mah topik makanan. Oke skip, lanjut.

Tapi memang bener kalo sebenernya apa yang kita makan itu tercermin di kulit kita. Case in point, sudah dua bulan ini saya mengurangi gorengan (catat ya, mengurangi, bukan nggak makan sama sekali) dan entah kenapa kulit saya yang oily ini mendadak jadi kering kerontang--dan jelas bukan faktor moisturizer secara hellooooo... saya harus reapply sunscreen + moisturizer sejam sekali kalo nggak mau berubah jadi keratosis berjalan.

Elastisitas kulit ini penting karena sangat berpengaruh pada keriput-keriput dini dikulit kita. Berhubung saya takut banget sama penuaan dini (even considering baby botox at times!) isu kulit kerontang ini kemudian menjadi masalah besar (buat saya #nggaklebay).

Jadi kemudian saya mengambil (salah satu) jalan pintas untuk mengembalikan elastisitas kulit yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman berkolagen. 

Salah satu minuman kolagen yang saya coba baru-baru ini adalah Miscella-G. Saya dikirimi Miscella-G ini oleh seorang teman saya. Konon katanya Miscella G ini bukan hanya sekedar minuman rasa-rasa, tapi juga memiliki manfaat kesehatan.

BTW saya tidak dibayar untuk review ini ya, jadi ini murni review jujur saya soal produknya.

Penting Nggak Sih Mengonsumsi Kolagen?

miscella g minuman kolagen

Sebenarnya apa sih pentingnya kolagen bagi kulit kita? Well, sebenarnya kolagen tidak hanya ada di kulit lho, melainkan juga ada di tulang, gigi dan kuku kita. Jadi sekitar 25-35% protein di badan kita adalah kolagen.

Jadi, kolagen ini adalah keluarga protein yang terbuat dari asam amino. Fungsinya adalah menyokong jaringan-jaringan di sel-sel dalam tubuh kita agar kuat dan lentur. Nah untuk kulit, collagen memberikan efek kenyal, lembut dan elastis.

Sebenarnya tubuh kita sendiri sudah menghasilkan kolagen secara alami, namun seiring dengan menuanya kita, maka kolagen ditubuh kita berkurang, sehingga kulit menjadi kurang elastis dan berkeriput serta sendi-sendi terasa tidak sekuat di masa muda.

Selain karena usia, faktor yang bisa menyebabkan kita kekurangan kolagen adalah stress, merokok, dan terlalu banyak terkena sinar matahari secara langsung

(cue jokes receh kenapa vampir nggak pernah keliatan tua? soalnya ngga kena cahaya matahari jadi nggak gampang keriput)

Kolagen juga mempercepat regenerasi sel-sel yang rusak di kulit kita, sehingga kalo ada luka atau selulit dan stretchmark bisa memudar dengan konsumsi kolagen. Ini kenapa kolagen memberi efek cerah pada kulit, karena regenerasi kulit jadi lebih cepat dengan konsumsi kolagen yang rutin.

(tapi kalo abis minum kolagen terus kalian panas-panasan naik motor tanpa sun protection ya sama aja boong jubaedahhhhhh--tolong ya, kelen kelen yang merasa adventurous, ini saya sudah rangkumkan skincare buat para wanita petualang yang tidak takut sinar matahari, tolong dibaca!)

Nah untuk kolagen yang digunakan sebagai produk konsumsi (makanan maupun obat) tidak menggunakan kolagen yang diambil dari manusia melainkan dari hewan--serem banget dong kalo dari manusia.

Kalo segitu manjurnya kolagen, kenapa selama ini nggak ada cream anti-aging yang mengandung kolagen, kenapa minuman semua?

Well, sebenernya begini: sebagai protein, kolagen itu molekulnya besar, jadi dia tidak bisa diserap dengan baik sampai kebawah lapisan kulit. Makanya konsumsi kolagen dilakukan secara oral. Nah untuk krim-krim yang konon mengandung kolagen biasanya mengandung vitamin A atau zat-zat yang bisa merangsang pertumbuhan kolagen di tubuh kita.

Nah konsumsi secara oral pun harus dilakukan secara teratur dan berkelanjutan supaya terlihat efeknya, jadi nggak yang 1-2 kali minum langsung cling bebas selulit dan keriput beeeebbbb... harus rutin gitu biar keliatan hasilnya.

Begitu sekilas soal kolagen, nah sekarang kita bahas soal Miscella G si minuman berkolagen yang lagi hits ini!

Review Miscella G - Emang Ngefek Beneran???

disclaimer: saya tidak dibayar untuk membuat review ini. Review merupakan hasil penggunaan produk pada diri saya sendiri. hasil mungkin bervariasi pada setiap individu.

miscella g minuman kolagen

Sekilas Soal Miscella G

Miscella G merupakan brand minuman berkolagen buatan BH Skin Indonesia. Saya sendiri baru mendengar soal BHSkin ini karena memang ternyata BH Skin bisa terbilang baru di jagat per-skincare-an indonesia.

Meskipun awalnya saya skeptis, ternyata benar produk-produk BH Skin sudah terdaftar di BPOM, phewwww. Sedangkan si Miscella G ini terdaftar dengan izin P.IRT dengan nomor 8133515750745-24. 

Miscella G ini merupakan minuman berkolagen hidrolisis yang menggunakan kolagen sapi. Miscella G juga bisa diminum oleh pria dan wanita jadi nggak cuma perempuan yang bisa minum Miscella G ini ya. Kemasannya juga nggak yang girly gitu kok, jadi buat para bapak-bapak yang ingin beli nggak usah malu.

Ada dua rasa serbuk yang disediakan oleh Miscella G yaitu Orange dan Peach. Kalian nggak bisa beli orangenya aja atau peachnya aja, jadi dalam satu box ada 5 sachet rasa orange dan 5 sachet rasa peach. Masing-masing sachetnya punya berat bersih 20 gram. Mungkin saran untuk kedepannya supaya dipisah aja dong, soalnya saya lebih doyan yang rasa orange lol.

Komposisi Miscella G Persik yang tercantum di boxnya adalah: Peach, strawberry, collagen, wheat fiber, corn fiber, marine algae, citrus fiber, lemon, maltic acid, sugar cane extract, apple, grape, l-gluthatione, turmeric, aloe vera.

Sedangkan komposisi Miscella G Jeruk adalah Orange, strawberry, collagen, wheat fiber, corn fiber, marine algae, citrus fiber, lemon, maltic acid, sugar cane extract, apple, grape, l-gluthatione, turmeric, aloe vera.

Packaging Miscella G

Miscella G dijual dalam kemasan box berwarna orange yang cukup sturdy, karena boxnya lumayan tebal dan ada 'bumper'nya, jadi meskipun kemasan penyok, isi didalam boxnya tetap terjaga. 

Didalam satu box kalian akan mendapatkan 10 sachet produk Miscella G dengan rasa peach dan orange. Masing-masing sachet berisi 20 gram serbuk minuman yang harus kalian larutkan dengan 300ml air. Kalo di boxnya sih ditulis 150 ml air dingin, tapi di website ditulis 300 ml air dingin dan saya merasa dengan 300 ml serbuk lebih cepat larut meski rasanya tak seterkonsentrasi apabila dilarutkan dengan 150 ml air.

Nah keterangan expiration date, nomor PIRT, rasa dan berat bersih semua ada di sachetnya, jadi jangan khawatir kalau mau membawa si Miscella G ini pergi-pergi karena keterangan yang penting-penting ada di sachetnya. 

(UPDATE 2020: sekarang MISCELLA-G sudah ada BPOM nya ya! dan udah banyak agen-agennya di seluruh indonesia!)

Oh ya, boxnya disegel pake segel hologram untuk menjamin keaslian. Pastikan kalian membeli dari trusted seller atau langsung beli dari websitenya aja biar aman.

miscella g minuman kolagen
miscella g minuman kolagen


Tekstur dan Rasa Miscella G

miscella g minuman kolagen


Bagi saya, konsumsi minuman berkolagen maupun ber-glutathione bukan semata-mata untuk penampilan kulit, melainkan juga untuk 'seger-seger berhadiah'. Jadi rasa masih memegang faktor utama kenapa saya membeli suatu produk.

Kenapa begitu? karena saya tahu hasilnya nggak akan langsung muncul dengan konsumsi 1-2 box. Biasanya setelah konsumsi rutin sekitar 1 bulan, baru akan terlihat efek nyatanya.

Nah soal rasa ini kemudian yang jadi masalah. Sejujurnya saya kurang doyan yang rasa peach karena ada sedikit aftertaste pahit di mulut, sedangkan yang orange rasanya seperti larutan vitamin C effervescent, sehingga meski rasanya masih vitamin banget tapi tetep ada rasa segar yang familiar di lidah. Jadi favorit saya adalah si rasa jeruk.

Dari segi tekstur, tekstur bubuknya si Miscella G ini super duper fine, sampe terbang-terbang gitu kalo baru dituang dari bungkusnya ke gelas--cuma, cuma nih, ngaduknya mayan effort ya sist karena larutnya lumayan sulit, makanya saya tambahin airnya, nggak pure 150 ml seperti yang dinyatakan di petunjuk penggunaan yang ada di boxnya.

Untung rasanya seger kaya minum vitamin c rasa jeruk, karena biasanya minuman berkolagen dan stemcell emang ada aftertaste bitter kaya obat. Untuk rasa peachnya masih sedikit bau obat jadi saya kurang doyan. Kalo rasa jeruknya mah doyan banget, sampe harus ngumpetin si sachet yang rasa jeruk dari jangkauan pak suami

((note to pak suami kalo baca: enak aje lu main embat minuman gue! beli sendiri sono!))

Kesalahan terbesar yang pernah saya lakukan adalah ngendus si bubuk persis setelah dituang. Walhasil si serbuk miscella G masuk idung. Sungguh percuma, ingat ini minuman yang lumayan ya harganya jadi kalo terbuang masuk hidung rasanya nyessss juga.

miscella g minuman kolagen

Hasil Miscella-G Di Tubuh Saya

Sebenernya, saya minum Miscella G ini di bulan puasa, tepatnya di malam hari setelah buka puasa, terutama kalo badan lagi capek-capeknya. Demi mengetes efek Miscella G ini, saya tidak mengonsumsi vitamin dan suplemen lain yang biasa saya minum selama +/- 10 hari (1 box) 

Kalau hasil di kulit saya belum menemukan perubahan yang benar-benar wow (dalam artian ya, jerawat masih segitu-gitu aja, kulit sudah agak lembab sedikit but i also do my skincare routine dan juga menggunakan EVCO sebagai cleansing oil diwajah untuk meminimalisir berkurangnya minyak minyak baik di wajah saya) 

Tapi emang sih, yang kerasa adalah rematik saya nggak gampang kumat. Yes people, i have rheumatoid arthritis and i can forecast the weather by feeling the tension on my kneecap.  Jadi Jogja kan lagi panas-panasnya meskipun tiap pagi itu dingin banget, dan perubahan cuaca nggak bikin saya ngilu-ngilu banget seperti biasa. Bearable lah ya.

Kalo lagi capek banget, saya minum satu sachet Miscella G ini dan lumayan lho, pagi-pagi bangun badan kerasa jauh lebih seger. Kantong mata juga jadi nggak sesembab biasanya meskipun saya tetep begadang lol. Gejala-gejala flu yang timbul tiap saya kecapekan jadi berkurang setelah konsumsi Miscella G. 

Terus juga, meskipun mengonsumsi minuman berkolagen, perut saya nggak terasa begah dan pup jadi relatif lebih lancar. Biasanya minuman berkolagen itu bikin begah, nah si Miscella G ini nggak. Saya rasa sih karena kandungan seratnya ya, padahal selama puasa saya males masak sayur. Salahin pak suami yang males masak sayur, pokoknya semua salah pak suami.

Verdict

Sebenernya dari apa yang saya baca-baca, fungsi minuman kolagen ini bukan hanya untuk kecantikan dan nutrisi kulit, jadi kulit glowing dan bebas jerawat itu hanya EFEK SAMPING BELAKA. Tapi siapa yang nggak mau efek samping sebaik ini coba lol. 

Jadi tujuan utama minuman kolagen itu kan untuk mempermudah tubuh kita mendapat asupan kolagen (yang sebenarnya bisa didapat secara alami saat kita menjalani lifestyle yang baik, rajin olahraga, jaga makanan dan lain-lain), makanya minumlah Miscella-G ini sebagai salah satu cara untuk menjaga asupan makanan yang masuk kedalam tubuh kita.

Sejujurnya saya cukup menyukai si Miscella G ini, karena kemasannya ngga ribet, mudah dibawa-bawa, bisa diseduh sendiri (jadi rasa bisa disesuaikan lol) meskipun harganya cukup lumayan (IDR 250.000/box)

Jadi Pros dan Consnya kurang lebih begini:

PROS

- enggak tahu kenapa badan kerasa enakan setelah minum Miscella G terutama kalo lagi capek-capeknya. So i guess it works??
- Rasa jeruknya enak dan nostalgic seperti vitamin jeruk yang biasa saya minum jaman kecil
- Kemasan sachetnya punya informasi lengkap, jadi nggak perlu simpen box gedenya lama-lama buat tau expiration date :)
- Karena sachetan jadi rasa bisa disesuaikan. Saya nggak suka rasa yang terlalu kenceng so i use more water on my drink.
- Tidak mengandung susu. Sungguh membantu buat para lactose intolerant
- Ada penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi kolagen dapat mengurangi kerutan di wajah, so yay for this!

CONS

- enggak bisa milih rasa. saya kurang doyan rasa peachnya, boleh gak sih beli yang jeruk aja??? *kok milih lol*
- Harganya lumayan ya bok IDR 250.000/kotak
- powdernya halus buanget tapi ngaduknya agak effort karena agak sulit larut. Tapi sekali larut yang bener-bener larut, rasa pahit di rasa peachnya berkurang banget. Cuma ya itu, ngaduknya effort.

Yang saya harapkan kedepannya Miscella G bisa readily available secara offline jadi belinya gak harus online (dimana agak PR ya beli-beli online kalo pergi-pergi melulu macam saya) dan juga bisa meningkatkan izin dari P.IRT jadi BPOM. Nggak tau kenapa kalo yang berbau-bau kesehatan gini kan lebih mantap kalo ada BPOMnya hehehe.

UPDATE JUNE 2020: Ternyata sekarang Miscella G sudah BPOM dengan nomer MD 867013135071 ! jadi sekarang sudah BPOM dan sekarang juga udah banyak agen dan resellernya di seluruh Indonesia jadi sok mangga silahkan cari agen dan reseller Miscella G terdekat di daerahmu!

Jadi apakah saya akan membeli Miscella G lagi? jawabannya adalah, kalo lagi ada duit, iya. Berhubung harganya cukup lumayan buat UMR Sleman, jadi saya harus sedikit mempertimbangkan harganya. However, Sangat menyenangkan sekali ada minuman yang bisa membuat saya merasa lebih segar dipagi hari setelah lembur ngapusin ratusan broken link di blog ini.

Jika kalian ingin membeli Miscella G bisa langsung mengecek website BH Skin ataupun instagram Miscella G.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[REVIEW & FIRST IMPRESSION] Natur Hair Mask with Aloe Vera Extract

[REVIEW] Treatment Derma Face Therapy (DFT) Acne Di NMW Skin care Yogyakarta

Semua Yang Perlu Kamu Tahu Soal Food Photography! (+ Behind The Scene)